Selasa, 08 November 2011

Sejarah Virus

Apa sih virus itu? Secara singkat, virus adalah makhluk yang mampu menggandakan atau menyebarkan diri dengan misi menginfeksi organisme lainnya. Sehingga, organisme yang terkena virus akan mengalami sakit. Hal inilah yang mengilhami munculnya istilah "virus" dalam dunia komputer. Dalam menginfeksi komputer, sering kali virus dapat beraksi tanpa sepengetahuan pengguna serta memiliki kemampuan menyembunyikan diri. Yang pasti, virus adalah program yang merugikan.

Virus muncul pertama kali bersamaan dengan awal terciptanya komputer. Pada 1949, seseorang bernama John Von Newman, pencipta Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), membuat suatu makalah dengan judul "Theory and Organization of Complicated Automata". Daam makalah tersebut, dibahas adanya suatu program komputer yang dapat menyebar sendiri. Kemudian, perkembangan virus sampai ke AT & T Bell Laboratory. AT &T Laboratory merupakan laboratorium komputer terbesar didunia dan telah menghasilkan banyak hal, salah satunya bahasa C dan C++. Sekira 1960-an, para penelitidi laboratorium ini sering memainkan suatu game. Game tersebut menggunakan program yang dapat memusnahkan program lain dan memperbaiki dirinya sendiri lalu menyerang balik lawannya. Permainan tersebut merupakan perang progran atau dikenal dengan War Core. Karena game tersebut berbahaya maka setiap selesai bermain para peneliti tersebut menghapus game dan menghalanginya supaya tidak tersebar keluar.

Pada 1970, perusahaan Xerox memperkenalkan suatu program yang strukturnya memiliki karakteristik seperti virus. Namun, program ini adalah untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, selain itu pada waktu yang bersamaan dapat melakukan dua tugas. Pada 1980-an, seseorang bernama Fred Cohen, peneliti dan asisten profesor di Universitas Cincinati, Ohaio, memaparkan tentang perang virus didunia terbuka. Dalam pemaparannya, dia juga mendemonstrasikan program ciptaannya sendiri, yaitu virus yang dapat menyebar pada beberapa komputer yang terhubung dengan cepat.

Inilah permulaan virus mulai menyebar ke seluruh dunia. Viruskomputer pertama menyebar di Indonesia sekitar 1988-an pada saat itu, virus yang terkenal dan menggemparkan pemakai komputer adalah virus Brain yang dikenal dengan nama virus Pakistan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar